Selasa, 07 Februari 2012

JAGUM DI BAGIAN IPD :)

Hohooo.. saya lagi nganggur karena saya sudah selesai follow up pasien di bangsal saya. Sebagai prolog yang gak penting, saya akan beberkan posisi dan keadaan saya. Minggu ini di Penyakit Dalam, kelompok saya dapet Jagum.. Jagum itu bukan sejenis makanan pokok dari Madura, tapi ini merupakan Jaga Umum. Dimana secara teoritis, seorang jagumers tidak diperkenankan tidur dan meninggalkan Rumah Sakit selama 24 jam selama 1 minggu penuh, dan tentu saja itu penyiksaan bagi rasa kemanusiaan.

Saya sekelompok ada 4 orang : Saya, Iin, asta dan Geetha. Dua orang terakhir yang saya sebut adalah orang Melayu dan India warga negara Malaysia sedangkan Iin adalah keturunan Cina yang kentel banget, dan mengajari saya tentang : How To Be A Chinese in 4 weeks. Jadi kalo kita campur jadi satu dah kek pertukaran pelajar Internasional aja. Kapan-kapan saya pajang fotonya di sini. Kalo kata perawat bangsalnya mah : Minggu ini bangsal dijaga para bidadari yah.. (dalam hati gue : tentu saja *plakkk*). ha ha ha..

Bangsal di ruang rawat inap ini berjumlah 4, jadi satu koas dapet satu bangsal. Padahal biasanya ada 8 koas, jadi satu bangsal bisa 2 koas. Tapi gak tau ni sapa yang bikin jadwal, sentimen beneur ma kita.. nanti akan saya ceritakan nasip buruh co-assistant di sini.. Keseluruhan jumlah pasien bangsal ada sekitar 110, baik ada pasien baru atao pulang tapi rata-rata segitu. Itu artinya satu koas pegang sekitar 26 pasien. Dan itu bikin kembung semaleman!!! Eniwei, saya dapet bangsal Bougenvile D1.

Hari pertama Jagum, dapet residen yang baek, ya okelah *sebenernya saya bilang baik cma gara-gara saya ditraktir fresti di ruang perawat*.. wahaha.. tapi so far so good.. Apalagi pasien bangsal saya tidak banyak yang gawat. Umm, tapi ada deng.. satu orang aja yang gawat, diagnosis masuk : Hipertensi Emergency dan saya harus monitor tiap jam sekali..

Hari kedua, residen jaganya juga baek. Ini dia favorit saya, karena kapten residen satu ini gak suka merintah, apa yang bisa dikerjain sendiri pasti dikerjain sendiri. Dan lagi, sebelum visite bersama Residen-koas, beliau satu-satunya kapten residen yang memimpin berdoa sebelum masuk ke kamar pasien. Heuhh, sesaat saya terpesona, apalagi beliau itu charming, apalagi kemana-mana kita jalan berdua, dan apalagi dia selalu senyum. Tapi pesonanya memudar abis saya tau kalo dia udah punya anak yang mau masuk TK.. HUAHAHAHA..

Hari ketiga, keempat dan kelima, kesan saya adalah : RESEHHH !!!!!

jam 18.00 : dek, tolong diEKG semua pasien baru ya.. (kemudian residen ngeloyor pergi)
Jam 18.15 : dek, gimana pasien kamar X??
jam 18.30 : dek, jangan lupa GDS ya..
Jam 19.00 : dek.. ada upil nyangkut.. *plakk*
dst dan puncaknya adalah jam 12 malam : dek, tolong di EKG trus dimonitor tiap jam ya..

HELLOOOO!!!! ikan aja tidur jam segitu!!!

Kalo saya gak inget udah kenal baik ma pasiennya selama seminggu ini dan kalo gak inget pasien itu lagi gawat, saya mbok mending tidur di laci ruang koas. Dan tengah malem itu saya muter bangsal yang sepi yang somehow berbau anyir itu buat nyari EKG. Abis EKG saya trus tidur, biarin.. Koas juga manusia, butuh tidur di ruang AC!!

Satu lagi, hal yang paling spesial dari JAGUM adalah : Laporan Pagi sama dokter spesialis. Setiap pagi, koas jagum harus melaporkan keadaan jaga semalaman dalam bentuk Power Point. Dan saat itulah laporan pagi bisa jadi MASA-MASA PEMBUNUHAN KARAKTER. Apalagi kalo dapet dokter spesialis yang SPESIAL!! lebih baik saya tidur di loker ruang koas aja.

So far so lucky.. sejauh ini kelompok saya bisa disebut kelompok yang cukup beruntung di laporan pagi. Oke, udah magrib, mo magriban dulu trus abis itu mo monitoring pasien.

*ngenet dengan modem yang baru saya beli..*

Tips : sedialah layanan internet saat Anda mau laporan pagi untuk menjawab pertanyaan secara online.. waha ha ha..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar