Selasa, 07 Februari 2012

Menjadi KOAS (Kumpulan Orang serbA Salah) -1

Kalo kita lagi nongkrong di poli (poli apapun), pake jas putih, duduk manis, sambil (sok) sibuk nulis hal gak penting, kebanyakan orang bakal ngira kita dokter yang lagi jaga poli situ. Tapi begitu kita udah megang spigmomanometer alias tensimeter, orang-orang jadi kemudian ragu “ini dokter atau perawat??”. Dan begitu kita mondar-mondir cari kassa steril buat pemeriksaan pasien, orang-orang makin bertanya “ini perawat ato perawat magang??” dan begitu kita mungutin kassa yang berjatuhan abis buat dipake pemeriksaan, orang-orang makin bingung “ ini petugas kebersihan ato cleaning service?? --> sama aja bos”.

Ha ha ha.. itulah KOAS (Kumpulan Orang serbA Salah).. Koas emang multitalented.. berbakat segala bidang.. suatu waktu kita bisa terlihat meriksa pasien dengan pemeriksaan standar kelas 1, di waktu yang lain kita bisa terlihat lagi ngepel bekas tetesan darah di lante.. Kisaran kegiatan kita emang sangat ekstrim. Terutama memang koas di stase Obsgyn ini.. Tapi saya emang sangat terkesan ma stase yang semua pasiennya perempuan ini. 
Gak selalu tentang MELAHIRKAN. Itulah kerjaan dokter obsgyn yang bedain sama bidan. Kalo bidan, setiap hari sejak dia sekolah di akademi kebidanan, ketemunya ya sama ibu hamil. Kalo dokter obsgyn, gak selalu.. banyak hal deh pokoknya..

Seperti waktu saya lagi jaga kamar bersalin di Banyumas.. Tengah malam tiba-tiba dateng serombongan orang, ribut banget.. Gak lama muncul gadis cilik berwajah muram.. Trus salah seorang pengantar yang disebut ”pak kepala desa” itu ngomong : dokter, ini anak bu ini, ”dipacari” orang.. Perhatian saya langsung terpusat sama rombongan itu.. ”dipacari?” batin saya.. lha wong saya aja belum pernah pacaran og, ini anak 5 tahun malah dipacari *plakkk*

Usut punya usut, ternyata gadis cilik usia 5 tahun itu mengaku ”dilukai” sama tetangganya. Oke, dugaan kuat kalo anak ini ”dikerjain” sama tetangganya itu. Ngeliat wajahnya yang bermuram durja, wajah pengantar yang buset ganas bener, maka residen mengajak saya melakukan pemeriksaan.

Setelah dilakukan pemeriksaan, rupanya selaput dara anak itu masih utuh. Ternyata, dia ngaku kalo dari anusnya dimasukin benda keras abis dia dikasi permen, saya mengurut dada.. Hiks.. saya bayangin hal yang terjadi kek di film the Kite Runner yang bikin saya gak bisa tidur selama 3 hari. Saya prihatin banget sama anak itu.. Pas semua udah keluar, tinggal saya berdua sama anak itu.. Saya belai rambutnya, saya bilang : ”adek, besok kalo ketemu orang itu, lari aja.. harus lari ya!!” dia ngangguk kecil, tanpa suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar