Selasa, 07 Februari 2012

KOASS ITU MASIH HIDUP

Saya masih di stase anak, 4 minggu sebelum saya kelar koas..  What?? Yeaa.. saya udah mau kelar koas(6 BULAN LAGI) (ih, dari dulu yang disebut-sebut inih).. haha.. ya abisnya, itu brati saya harus  bener-bener mantepin skill jadi dokternya, dan menurut saya, ini adalah saat yang tepat. Soalnya stase anak itu ilmunya buanyak.. Tapi ilmu yang banyak itu ternyata harus disertai peluh air keringat yang membanjiri bumi pertiwi *lebay*..

Jaga stase anak.. Heumm.. siapapun yang udah pernah stase  anak pasti setuju dengan saya, kalo kegiatan yang satuini bisa diibaratkan sebagai : NGULI.. oke, itu terlalu kasar, gimana kalo  : MBATUR!! Haha. Tiada berbeza.. emang kek gitu sih.. Jaga anak itu capek, banget. Saya ampe gak bisa tidur 8 jam sehari!! --> titisan siluman kebo sih.. Apalagi kalo jaga bareng residen yang DKT alias Daya Kongkon Tinggi.. Bisa-bisa pas pulang jaga arwah koas bisa lepas sementara dari raganya trus gentayangan di lapangan parkir.

Itulah, saya kalo jaga hampir selalu dapet kegiatan olah fisik : dek, anter ke radiologi ya.. ato dek, anter ke PK.. ato dek, monitor pasien itu tiap satu jam sekali *padahal pasienne turu nglimpus dan bukan letargi*.

Kalo dapet residen kek gitu, koas ada baiknya memasang tampang serius dan memiliki tatapan mata yang seolah berkata : gue koas terhormat, jangan perlakukan gue kaya bola bekel *lempar sana-lempar sini*.. Ada pengalaman yang mo saya bagi di sini..

Alkisah, siang itu terik.. di nurse station berkumpul para residen jaga yang siap-siap mau visite sore.. Koas yang baik budi dan suka menolong pun lewat. Wajah koas itu menggambarkan  gurat-gurat keletihan abis pulang dari stase Kamar Bayi, tapi wajahnya yang manis gak bisa menyembunyikan kalo dia emang manis *apaan sih*.. Residen memandanginya, dengan pandangan penuh hasrat yang seolah berkata : ou, ada daging  segarr (baca : koas) datang..

Residen (teriak dari nurse station) : koas jaga ya dek!!???

Koas manis : iya dok (dengan wajah penuh kebaikan)..

Koas itu lalu berjalan menuju kamar koas yang pengap dan gelap yang dipenuhi hawa-hawa kemalasan. Sampe kamar koas, tas gendong dilepas, jas koas dilepas, lalu BRUGHH *menjatuhkan diri ke kasur*.. Tipikal koas banget lah..dateng-dateng kalo gak duduk ya tidur. Hahaha..

THOK,THOK, THOK *suara pintu koas bergema*.. Suara kek gitu adalah suara paling gak enak sepanjang jaga. Bisa dipastiin kalo itu adalah residen yang lagi ada maunya..  Beneran, pas pintu dibuka,bediri sosok residen yang ganteng aja enggak, dengan lagak rada-rada kasian tapi nyebelin, sok-sok ramah bilang : dek, koas jaga B4 sapa??

Berdirilah sosok daging segarr (baca : koas) yang nyahut : saya dok.. ada apa?

Dan dimulailah kegiatan jaga hari itu. Monitor, balance cairan, anter ini, anter itu, koprol, kayang *emang kerjaan koas ini juga ya??*. Dan kejadian itu berlangsung dari jam 3 sore hingga hampir tengah malam. Jeda waktu tentu aja ada, tapi itu cma sempat dipake kalo koas mau berak ato buang hajat (yea, gue emang lebay)..

Akhirnya, sampe hampir tengah malam. Pukul 23.50 an.

THOK, THOK, THOK.. (koas dalam ruangan dipenuhi rasa mencekam).. Semuanya pura-pura tidur. *Hahaha*
THOK, THOK, THOK, THOK. Suara ketokan semakin intens.. Koas makin pura-pura tidur.. Akhirnya, krieekk.. pintu dibuka. Benernya  koas pada mau pura-pura mati, tapi gagal karena salah satu dari kita membuat gerakan heroik dan super ekstrim, dia bangun trus tanya : ada apa dok??

Ternyata tengah malam itu residen minta koas buat nganterin Liquor Cerebro Spinal ke laboratorium. Saking keselnya dibangunin tidur, si koas langsung nyamber tu sampel trus jalan dengan lantangnya tanpa melihat ke belakang. Residen pun bengong sambil menampakkan ekspresi muka :

glek,mati gue, bangunin singa ompong..

Sampe di laboratorium...

Koas: buk, ini LCSnya ya.. punya pasien B4..
Ibu penjaga lab : ya.. ini mau diperiksa apa mbak??
Koas: (glek, goblok, tadi gak sempet nanya ke residennya mau diapain)..Umm.. coba aja deh ibu telpon ke bangsal tanya ke residennya --> malu dong, tadi pake garang2 segala sih..
Ibu penjaga lab : ya mbaknya lah yang tanya residennya (nadanya mirip nenek sihir).
Koas: (matek.. gimana ya caranya.. ogah gue balik lagi ke bangsal trus nanya ni mau diapain).. Ummm.. buk, pinjem telponnya ya..
Ibu penjaga lab : ya, ya..

Koaspun mengambil gagang telpon, menebalkan muka setebel badak.. mencet nomer pesawat B4.

Koas (dengan suara dimirip-miripin kek nenek sihir) : haloo, bisa bicara dengan residen anaknya??
B4 : ya.. ini saya.. ada apa bu?? --> YEAAAHH.. KENA LUU (batin koasnya)..
Koas (masih suara mirip mak lampir) : residen anak? Dok, ini LCSnya mau diapaiin??
B4 :oh, itu dianalisis biasa aja buk.. bla bla bla bla..
Koas (masih pake suara mak lampir ato nenek sihir sama aja, tu dua-duanya sepupuan) : oooh, gitu.. yadah.. ini koasnya manis banget ya dok ya.. (kalo bagian ini fiktif)..

Koas cekikikan dalam hati. Sambil tersenyum penuh kemenangan ke ibu penjaga lab yang dari tadi ngeliatin sambil kasi pandangan : dasar koas jaman sekarang, gila semua..

Koas: buk, itu LCSnya dianalisis rutin aja kok..
Ibu penjaga lab : oh.. ya (masih dengan pandangan gak abis pikir)..

Akhirnya koas kembali ke bangsal, masuk ke kamar koas dan sejak saat itu hidupnya tenang sampai pagi menjelang. Dari luar berkali-kali kedengeran residen lewat-lewat didepan kamar koas, dengan langkah kaki yang penuh keraguan : mau ngetok apa enggak.. Kali ini, koas masih hidup ampe pagi..

Nb : koas yang diceritakan di atas bukan saya.. beneran, bukan saya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar