Selasa, 07 Februari 2012

KOASS STASE IPD ATAU INTERNA DI BANYUMAS

Ini minggu kedua saya koas, masi di stase Ilmu Penyakit Dalam atau Interna. Saya sudah bisa apa ya?? hekekek.. yang jelas saya sudah bisa bergaol, berjalan tanpa tersesat di Sardjito dan mencari jalan paling cepat menuju pintu keluar.

Minggu kedua ini saya berada di ICCU (Intensive Cardiac Care Unit), suatu tempat khusus dimana pasien-pasien dengan penyakit jantung dirawat. Di sini saya dan teman-teman sekelompok dibimbing oleh seorang Cardiolog (dokter yang nangani jantung) dan setiap hari kita akan bertemu untuk membahas kasus yang berhubungan dengan jantung.

Hari pertama bahas kasus ACS (Acute Coronary Syndrome), hari kedua bahas interpretasi EKG (ElektroKardioGram) selama 3 JAM (saya ulangi : 3 JAM!!!), dan biar lebih mantep : TIGA JAM!!! Dan itu cukup membuat saya berkunang-kunang di hari itu. Lalu hari ketiga kami membahas Gagal Jantung. Pokoknya semua berhubungan sama jantung (ditulis sambil megang dada dan berpikir : gue masi idup kagak)..

(bukan sandi rumput melainkan EKG pada hipertrofi ventrikel kiri!! dan kemaren belajar baca kek gini sampe 3 jam nonstop dengan diuji  dosen ahli sambil ditunjuk : Kamu!! maju, tunjukin  apa itu bacanya??!! mana yang namanya AV BLOCK!! hoekkk..)

Berada di ICCU seperti berada di suatu tempat kek di film-film (lebay). Di situ banyak pasien berbaring dengan keluhan sama : JANTUNG. Kemudian terpasang monitor-monitor yang bunyinya : bip.. bip.. bip.. bip.. dan berhasil bikin saya TERTEKAN berada di ruangan itu selama seharian apalagi kalo pas lagi jaga ampe malem-malem.

Kita gak ngapa-ngapain, soalnya semua pasien udah ditangani sama dokter spesialisnya ato residen. Dan hal paling keren yang saya lakukan di ICCU adalah, berkenalan dengan semua pasiennya.. Ahahaha.. Jangan salah, saya tidak sekedar berkenalan, tapi saya sekaligus melakukan anamnesis dan beberapa pemeriksaan fisik. Berada di ICCU membuat saya mahir dalam menilai adanya RONKI BASAH BASAL karena hampir semua pasien ngalami UDEM PARU.

Hari ini kebosanan memuncak, beberapa pasien udah pulang dan ada pula yang meninggal (sumpah bukan gara-gara saya!!), dan itu membuat ruang ICCU makin lengang. Kemaren masi mending, saya dan teman-teman ikut tindakan kateterisasi jantung di ruang tindakan. Saya boleh masuk di ruang itu, pake baju timah yang buerat banget buat proteksi dari alat tindakan yang memancarkan zat radioaktif. Dan sekali lagi ruang itu agak seperti yang di film-film.. Hahaha.. aku yo ndeso ngonolah.. Dan kemarennya lagi masi mending, saya dan seorang teman sempat diajari EKG pas jaga malem sama seorang residen yang dianggap sebagai paling ganteng di ICCU (tapi kalo kata saya sih, residennya tu mirip sama Ridho Irama). Hwahaha.. Tapi ya ganteng sih (PLAKKK)..

(bayangin aja Ridho Irama jadi dokter jantung lo!! tiap periksa dinyanyiin dangdot. hahaha.. tapi dari kacamata saya, walo mirip, tapi masi gantengan dokter yang kemaren malem ngajarin saya dan teman saya tentang EKG) --> moga-moga residen interna gada yang bakal buka blog ini (ih, sok blognya dibaca aja)..

Karena kebosanan memuncak, saya dan temen-temen saya memutuskan buat iseng-iseng ke UGD Sardjito. Dweing dweong.. ternyata di sana lagi cukup banyak kasus UGD. Beberapa pasien masuk bersamaan dan akhirnya saya yang awalnya cma berdiri sambil ngalungin stetoskop tampang cengoh pun beraksi. Kalo aja ada kamera CC tivi di ruang UGD tadi, pasti tingkah saya terekam sangat keliatan sibuk.. Ahaha.. sok sibuk sih sebenernya.. Tapi gak juga, saya tadi cukup mengganggu menolong.

Saya membantu anamnesis, pemeriksaan fisik, memasang infus tapi tidak berhasil karena pembuluh darah pasien kolaps (trus saya kasi ke perawat di sana. Haha.. dan ternyata perawat yang senior itupun gagal 2 kali coblos!! Intinya gue cma mau bilang : bukan salah gueh), trus juga kebagian masang kateter ke ibu-ibu. Saya senang bisa berguna jadi koas (mengelap air mata dengan kaos kaki).

Tadi saya dan Ratri sempet ”ditanggap” sama residen bedah (MANIS!! Emang gue topeng monyet??!!). Sempet diajarin sistostomi ma vena seksi. Dan seperti mitos jaman Yunani kalo residen bedah emang baek sama koas perempuan.. Hahah.. Pas udahan, saya berdiri ndeketin dokter jaga UGD dan tiba-tiba saya diberi memo kecil yang tulisannya : Injeksi Metoclopramide 1 Ampul. ” dek, tolong kasi ini ke pasien X ya”. lalu dokter itu berlalu..

Dan saya nepok jidat dalam hati *PLOKKK!!* ”gimana caranya nyuntiknyaa!!!” pikir saya. Akhirnya saya pergi ke bagian obat dan mengambil obat yang dimaksud sekaligus suntikannya lalu pergi ke pasien yang dimaksud pula.. Trus saya ngajakin temen saya buat nemenin. Gyahaha.. memang terdengar tidak profesional.. Tapi pas di depan pasien tampang saya serius banget dan akhirnya obat itu pun masuk ke tubuh pasien. Baru pas rampung saya dengar dari teman-teman saya : eh, pasien itu tadi kan nolak ditangani koas!!

Ahaha.. itu membuat saya senang sekaligus tidak senang. Apa itu berarti saya memang terlihat seperti dokter yang meyakinkan atau saya memang terlihat TUA???!!! (ato malah seperti dokter tua yang meyakinkan??!! Hahaha)

Whatever, tapi sejauh ini tempat yang paling membuat saya enjoy di Rumah Sakit adalah UGD (sadis ya gueh??!!)..

Kamus istilah :
Cardiolog : seorang dokter ahli jantung
ACS (acute coronary syndrome) : kumpulan gejala karena penyumbatan pembuluh darah jantung oleh jendalan
EKG : alat untuk merekam aktivitas listrik jantung
Gagal jantung : keadaan pada jantung yang tidak mampu melakukan fungsinya dengan baik dalam memompa darah.
Ronki basah basal : suara tambahan pada pemeriksaan dengan setotskop pada area paru-paru di dinding dada akibat terkumpulnya cairan di paru-paru dan terdengar pada bagian paling bawah paru sesuai posisi tubuh.
Udem paru : adanya cairan di paru-paru, biasanya karena adanya gagal jantung.
Koronografi jantung : prosedur bedah untuk melihat keadaan pembuluh darah di jantung, dengan memasukkan kawat melalui pembuluh darah di lipatan paha hingga ke jantung.
Sistostomi : prosedur bedah untuk membuka lubang pada kandung kemih.
(kalo diterangin ke bahasa sehari-hari jadinya terdengar full of waguness).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar