Selasa, 07 Februari 2012

KOAA INTERNA DI BANYUMAS

Kalo Anda adalah koas Interna yang sedang stase di Banyumas, maka Anda bisa bersantai, tidur tiap hari, menimbun lemak di lapisan kulit Anda dan bisa melakukan servis kecantikan di salon terdekat. Itu karena koas Interna di Banyumas gak terlalu sibuk, kecuali kalo mau sok sibuk *kek gueh*..
Ternyata jam kegiatan koas Interna di sana cukup singkat, yaitu : sebelum jam 7.30 Anda sudah harus follow up pasien 1 bangsal, menunggu visite semua dokter Internis, lalu presentasi kasus di ruang diskusi, dan hari itu pun berakhir dengan indah.

Tips dari saya : hindari perawat muda yang sadis dan keji dengan berdoa sebelum Anda memasuki bangsal.

Hwahaha..

Karena menyebalkan!! Di sana saya dan temen-temen : Iin, Azra dan Geetha bertemu dengan makhluk judes yang padahal seragamnya aja masih seragam putih (itu artinya belum jadi perawat, masi jadi perawat belajar). HERAN!! Judes banget sama kita para koas. Galake rek!!! Lha wong perawat yang udah senior aja baek sama kita. Heuhh, sudahlah.. semoga Alloh menambahkan ilmu pada saya. Amin.

Kalo Anda adalah koas FKUGM, anda bisa menginap di Asrama Putri yang jaraknya dari RS Banyumas cma 20 langkah besar. Cma perlu bayar 20 ribu perminggu, saya ulangi : 20 ribu PERMINGGU dan Anda akan mendapat fasilitas : kamar dengan 2 bed, kipas angin, lemari pakaian, kursi, kulkas di koridor, tempat cuci baju, jasa londri kalo mau, dapur dengan alat-alatnya, tivi di ruang tamu.
Intinya : lumayan kok tinggal di asrama. Dan satu lagi, asrama selalu bersih!! Karena tiap kita lagi pergi ke RS ada yang bakal bersihin Asrama, asal kunci kamar tiap kali pergi maka semuanya amann..

Tapi jangan bayangin kalo Asrama koas adalah gedung bertingkat dengan 2 tower menjulang tinggi *emang Petronas*, di Asrama cma ada 6 kamar dan itu artinya kalo pada mau tinggal di Asrama pas koas : Dateng lebih awal dari temen yang lain!!
Tips dari saya : bawalah rice cooker.

Karena saya dan temen-temen adalah koas Interna yang gaol dan kurang kegiatan, maka akhir minggu pertama saya dan temen-temen pergi ke Purwokerto makan es duren paling enak yang pernah saya makan sepanjang hidup * I meant it!!* lalu pulangnya mampir ke Sokaraja makan soto paling aneh yang pernah saya makan karena sotonya pake lontong dan pake sambel kacang!! Selain gak kenyang, rasanya jadi kek somay.. pergi ke sana naek angkot 3 kali ganti, saya ulangi : NAEK ANGKOT 3 KALI GANTI.. dan itu artinya : kita niat banget cari hiburan ampe ke Purwokerto dan itu artinya : BANYUMAS tiada hiburan!!

Tips dari saya : bawalah DVD/VCD player ato PS ketika Anda jadi koas interna di Banyumas.

Kegiatan paling menarik di sana paling ya pas jaga UGD. Banyak kasus menarik *jjjahh.. sok tertarik*. Hal paling saya ingat ketika berkunjung ke UGD terakhir kali sebelum saya pulang ke Jogja adalah ketika saya bertanya pada seorang pasien baru dengan perkiraan umur 80 tahun *sebenernya saya cma baca di status pasien. Haha*.

Saya mendekati pasien yang tergolek lemah, terpejam, lalu keluarganya bertanya dengan nada resah : dokter, ini kenapa ya?? Bapak itu lalu terbangun dan saya melakukan anamnesis sambil memeriksa denyut nadinya. Tidak lama tiba-tiba tangan saya digenggam lalu bapak itu menatap saya penuh harap dan berkata :
DOKTER, APA DOKTER MASI SINGLE??

Gubrakkk.. keluarga pasien jadi salah tingkah, lalu saya cma senyum ke bapak itu sambil ngomong keras banget *karena kata keluarganya, bapak itu sudah mengalami penurunan pendengaran*

NGGAK PAK, SAYA TRIPLE!!! *mbuh aku yo rak dong maksude opo.. tapi semoga yang di ruang UGD pada gak denger*

Dan sekali lagi bapak itu bertanya sambil menggengam jari saya : DOKTER MASI SINGLE??
Lalu saya lanjutin aja pemeriksaan saya, mungkin salah saya jadi dokter terlalu charming *plakk*.. Eniwei, bapak itu bukannya sedang menggoda saya, tapi pembicaraan ngelantur itu terjadi akibat saturasi oksigen yang turun. Setelah EKG keluar diketahui kalo bapak itu mengalami STEMI (ST elevation Myocardial Infarction) kemudian dibawa ke ruang ICU.

Well, tidak ada hal lain lagi yang menarik selama jadi koas di Banyumas. Eh, ada deng.. karena di suatu pagi saya sempat merasa canggung waktu memeriksa seorang pasien Demam Berdarah yang *kata Iin* tampangnya kek Ben Joshua. Sebelumnya saya belum pernah memeriksa pasien muda, biasanya orang tua dengan bau balsem di mana-mana.. Tapi setelah dia ngomong, buyar sudah segala kegantengan : dok, lha ya kepriwek ikik??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar