Selasa, 07 Februari 2012

Menjadi KOAS itu : Bodoh = Membunuh

da hal-hal tertentu, pengalaman selama menjadi koas yang pasti gak bisa lupa.. Bakal dibawa sampe ntar jadi spesialis ato udah jadi menteri kesehatan pun. Seperti halnya saat-saat pertama saya melihat orang berhenti bernapas di depan saya persis (ngeliat sakaratul maut pertama kali, betapa merindingnya), ngeliat proses persalinan pertama kali, mimpin persalinan pertama kali, atau…. “membunuh pasien pertama kali”. Semua momen tersebut sering membuat saya hampir menitikkan air mata di depan orang banyak (biar saya ekspresif, tapi saya gak suka keliatan nangis di depan orang )..

Malam itu, di kamar bersalin RSUD X datanglah ibu hamil, usia kehamilan 35 minggu, dengan keluhan perdarahan padahal belum masuk persalinan (keadaan seperti ini disebut sebagai perdarahan antepartum). Ibu hamil itu adalah kiriman bidan dengan keluhan sama, tapi sama bidannya dilakukan Vaginal Touche.

Pertama banget, kalo ada pasien datang dengan perdarahan antepartum, GAK BOLEH dilakukan Vaginal Touche (jari tangan pemeriksa dimasukkan ke dalam vagina pasien untuk menilai kemajuan persalinan). Semua perdarahan antepartum harus dianggap sebagai Plasenta Previa (plasenta yang menutupi jalan lahir) sampai terbukti bukan. Pembuktian itu akan dikonfirmasi melalui USG.

Pasien dateng pertama kali, maka itu bagian koas buat anamnesis, periksa tanda vital, sama observasi keadaan ibu. Saya lagi kena jatah pasien ini (karena saya jaga berdua dengan Makcik Fed *temen Malaysia saya*). Pasien ini memiliki tekanan darah tinggi, pada saat saya periksa adalah 180/110. Dalam pikiran saya, ini sepertinya PEB (lalu dites urin dan proteinuria positif 3, Ya, memang PreEklamsia Berat).

Lalu saya periksa darah yang keluar dari jalan lahir, tampak darah tidak segar, tidak mengalir, tapi sedikit bergumpal-gumpal warna gelap. Dan percayalah dalam otak saya langsung terbersit : INI BUKAN DARAH PLASENTA PREVIA. Dan kemungkinan perdarahan antepartum selain Plasenta Previa adalah, Solusio Plasenta. Saya panggil makcik untuk konfirmasi bahwa kita melihat hal yang sama sebelum saya lapor hasil ke residen. Makcik juga merasa kalo ini seperti bukan darah segar. Barulah saya memanggil residen.

Oleh residen, dilakukan USG, dan memang plasentanya tidak menutupi jalan lair, tapi dibilang : hanya terletak rendah. Dan dibilang, kalo perdarahan ini mungkin dari plasenta letak rendah dan bisa dilakukan persalinan pervaginam. Maka dilakukan vaginal touché dan ternyata dari jalan lahir sudah ada pembukaan, artinya sudah masuk dalam proses persalinan.

Saya periksa janin, masih bergerak dengan denyut jantung yang masih baik. Lalu residen bersiap untuk menunggu pembukaan lengkap. Dalam hati saya merasa ada yang gak beres. Beneran deh, saya yakin ada yang kurang tepat, TAPI APA??? Bodo banget ya saya!!! Rasa hati masih ada yang ganjel, tapi semua orang udah sibuk nyiapin persalinan. Perhatian saya lalu teralih karena harus menolong pasien yang udah mau melahirkan di kamar sebelah.

Alkisah, bayi ibu di atas lahir, plasenta lahir, dan setelah plasenta lahir, ada prongkolan darah segenggaman tangan keluar mengikuti plasenta. GOBLOK!!! Itu memang solusio plasenta!!! Bayi lahir tidak menangis, dilakukan penyelamatan tapi gak berhasil. Bayi meninggal. Padahal berat lahir adalah 2300 gram, sebenernya itu cukup buat bayi bertahan.

Saya baru sadar, itulah yang enggak beres.. Itu solusio plasenta!! Bukan karena plasenta letak rendah, bukan karena penipisan jalan lahir!! Ibu hamil dengan PEB kalo perdarahan maka curiga pertama adalah Solusio Plasenta (plasenta yang lepas dari tempat tertanamnya di rahim). Arrrgghhhh, goblog beud sih jadi koas.. Kenapa saya harus manut kalo itu adalah plasenta letak rendah?? Kenapa saya harus manut kalo persalinan akan dilakukan melalui vagina?? Kenapa SAYA BODOO!!!

Pagi berikutnya, saya refleksi kasus dengan staf di RSUD tersebut. Saya mengambil kasus malam itu, Emang sengaja, karena saya pengen tau penjelasan keilmuan tentang yang sebenernya terjadi. Pas denger kasus ini, staf itu langsung marah besar.. Beliau geram sama saya kenapa saya gak membantah residen waktu itu?? Kenapa saya membiarkan bayi itu mati karena kebodohan saya?? Dan waktu itu staf tersebut bilang : kamu tau gak?? Kamulah yang membunuh bayi itu!!! Kalo residennya di sini, sudah saya kepruk (semacam digampar)!!

Glegaarrrrr....

Seperti dibelai halilintar.. saya langsung tertunduk, kenapa saya harus jadi koas yang bodo.. Walo saya tau residen lebih bertanggungjawab atas semua tindakan, tapi tetep aja ada rasa bersalah kenapa saya waktu itu gak bilang aja pemikiran saya kalo ini seperti solusio plasenta. Sesaat saya berpikir untuk jadi spesialis Obgyn trus berasa pengen nebus kebodohan saya.. Lalu saya inget terus kalo ibu hamil dengan tekanan darah tinggi yang datang karena perdarahan antepartum, maka pikirkan itu solusio plasenta.. Penanganannya adalah : OPERASI SESAR.

Berhari-hari saya dan Makcik membahas masalah itu.. Dan kita sepakat, kebodohan dokter itu sangat berbahaya.. Saya gak mau bodooooo!!!!!

Because we (supposed to) DO NO HARM..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar