Senin, 15 Agustus 2011

CURHATAN KOASS-JAGUM

hiyaaaa.... akhirnya selesai jagum!!
1 week full of everything deh~~~
ada capeknya, ada senengnya, ada emosinya, ada ehem2nya
hahahahaha
dr 'I' cakeeeeeeeep~~~~~~~ cool! jadi ngefans deh XDDDD
ampe aku tanya2 ma temenku, dah punya cewek or istri belom yah XDDD

jadi, awalnya kupikir 'halah.... jagum bakal secapek apa sih.. paling yah biasa2 aja, cuma pindah nginep di sardjito aja'
tapi ternyataaaa.,,
udah capek ga ketulungan, masih harus capek gara2 emosi.. baik ama temen ndiri maupun ma residen, n pasien n keluarganya.. n perawat.. duh....

tiap mulai gtu, kita follow up dulu di bangsal masing2, tensi nadi respirasi n keluhan gtu deh
trus nunggu residen jaga dateng ke bangsalku, kita keliling ke tiap kamar.. catetin apa yg harus dikerjain n diliat tiap berapa jam. jam 4 baru selesai.. abis itu ngerjain ekg pasien baru.. anamnesis n priksa2
jam 5 baru makan siang... istirahat bentar kalo bisa..
jam 6 either mandi or tidur bentar
jam 7 kerja lagi... sambil nunggu BST n visite senior staff
pokoknya kerjaaa terus... itung gula pake alat one touch lah, konsul ke bagian lain lah, ke ICU lah, follow up tensi lah, ekg lah, itung produk WSD lah, ga habis2 deh pokoknya...
ampe heran kok bisa2nya aku kuat kerjain itu semua

n yg bikin emosi tuh............
di setengah minggu awal, temen yg 1 bangsal ama aku tuh nyebelin bangeeet nget.... dia tuh ga pernah mau kerjain apa2 ndiri. kalo ngelakuin apa2 harus berdua. lapor ke residen harus aku. konsul minta ditemenin n aku yg selalu ngomong. just soooooo dependant.. n kerjanya lamban.. aku kan gini2 sering ga sabar gtu.. n jadi ngerasa apaan seh, mending aku kerja ndiri aja kalo gini. yah pada dasarnya sih aku orangnya emang agak egois lah, n lebih seneng apa2 kerjain ndiri baru yakin kalo kerjaan itu bener. n kalopun salah, ya itu hasil kerjaku, mau diapain lagi..

*sigh*

herannya..... dia itu kan juga dokter muda. tolong yah lebih peduli dikit ma pasiennya
emang sih kita cuma lagi ngelanjutin profesi aja biar bisa lulus, mungkin bisa dianggep sbg kewajiban, sebagai syarat lulus, yg kalo dilalui aja bakal lulus juga akhirnya. tapi kamu tuh mau jadi dokter gtu loh! dokter apa yg cuma mikirin mau tidur n pulang... dokter apa yg waktu harusnya liat pasiennya malah tidur enak2. peduli sedikit lah... paling nggak, sadar dong kalo itu tanggung jawabmu juga. mau ngelibatin hati atau pung nggak, dipake lah moralnya..
kalo cuma ditegur dikit bilangnya dimarahin, mau jadi apa.... dikit2 takut, lapor aja takut, mau jadi apa.... please sadar dikit soal itu....

n yg cowok2, ya ampun ga tau diri banget.. disuruh one touch per jam malah nitip ke orang lain. tidurnya enak2 telentang di kursi.. padahal kursi yg ga ada tempat untuk nulisnya itu cuma dikit, dia pake semua dijejer2, dibuat tidur. OMG!!!! WTH!!! bukannya aku pengen pake or gmana, tapi mbok yah tau diri dikit, tawarin gantian kek. aku juga bukannya kalo ditawarin terus mau kok...................

but yeah....
at least, i could have fun...
bisa ngerasa enjoy... ngerasa seneng bisa ngerasain jagum ^^
residennya kebanyakan baik2... dokter Didik, dr Basuki, dr Ferdinand, dr Yusuf.. ok2 deh.. dr Basuki tuh selalu bilang 'makasih ya, dik' jadinya ngerasa seneng aja bisa bantuin dia.. n dianya mau ngajarin banyak.. lucu deh kemaren.. kan pas kemarin lusa dah diajarin baca AGD ma dr Ferdinand, nah dr Basuki waktu hari Minggu kemaren kan janji mau ajarin baca AGD ke aku.. dianya nanya, 'dah bisa baca agd belom jadinya? kemaren udah diajarin kan?" aku jawab udah... nah dia ajak aku baca agd pasien yg baru gawat bareng2 gtu.. akunya pas jawab agak lama gtu deh, abis ga ada contekannya. pas kemaren diajarin kan bisa liat contekan, nilai normal dsb gtu... haha, dokternya trus '10 detik lagi yah... 1.. 2.. 3..." ampe 10 aku belom selesai................ wkkkkk.. jadinya diajarin lagi deh... baek banget itu dokter. n ngerjain ambil darah, dia ajak aku.. dia ndiri yg ngelakuin, katanya kepingin, cos dah lama nggak ngelakuin.. biasa dokter lain sih cuma bilang ke perawat aja, n perawatnya yg ngelakuin. yg dr Ferdinand juga ngajarin banyak.. ampe tentiran gtu bareng2. pas ga banyak pasien gawat sih, jadi bisa agak santai gtu. dr Nerina tuh ok banget px fisiknya.. teliti juga. dr Arin sih aku dah suka dr dulu.. residenku.. hehehe... dr Dita juga baik ternyata. bilang kita suruh istirahat, masih harus simpen energi..

tapi pas ketemu residen error yah apes deh.. ini dokter seenaknya printah2... konsul ini konsul itu, kalo ditanyain suruh nanya ke residen lain.. plis deh, dok.. masih R2 udah belagu gtu......... ck ck ck..

ada 1 pasien, yg dr hr minggu aku tengokin terus gara2 harus monitor gulanya... pas pulang tapi aku nggak di situ... kata perawatnya, ibunya titip salam.. jadi terharu deh.. perawatnya yg lain ampe 'wah bu itu dah pulang, mbak... nyariin yah? dr kemaren setia ma si ibu...' ^^
seneng juga kalo ternyata pasiennya appreciate aku..

hmm... bakal kangen ma jagum deh besok2.. yakin..........
walo capek, walo ngantuk, walo ga isa seneng2 selama 1 minggu... walo kakiku ampe bengkak n kupingku radang gara2 kebanyakan pake stetoskop.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar