Senin, 15 Agustus 2011

small event for big future

“Tuhan itu terkadang memakai momen-momen tertentu dalam kehidupan kita yang tak pernah kita sadari atau malah kita sepelekan untuk membentuk kita, seperti diri kita sekarang ini”
Kenapa perkataan ini selalu aku ingat karena aku menyadari hal itu sangat amat bener pake banget.
Berawal dari kebiasaan yang sudah diajarkan padaku sejak kecil. Aku bersyukur karena sejak kecil aku dididik buat selalu bersyukur buat apa yang aku alami dan dapati sekarang. Gimana caranya??Simple banget. Kayak lagu yang mungkin beberapa orang pernah dengar “berkat Tuhan satu-satu mari hitunglah”. Dan begitulah yang aku lakukan ketika aku masuk dalam keadaan galau, ketika masa depan terlihat amat sangat suram, ketika diri ini jatuh ke dalam titik yang paling rendah, paling nadir, dsb. Saat itu aku flashback lagi bagaimana di masa lalu ketika aku jatuh pada keadaan yang sama jeleknya, tapi aku dapat melewatinya hinggai sekarang. Dan saat itu juga aku menjadi yakin bahwa
Tuhan yang sama pasti akan membuka setiap jalan tertutup didepan, menerangi setiap kegelapan di depan, membangkitkanku dari titik terendah
yang kualami sekarang dan saat itu juga semua perasaan gundah galau gulana itu lenyap dan aku percaya bahwa Tuhan pasti buka jalan.

Dan pada suatu saat ketika aku kembali merenungi kembali gimana cara-cara yang Tuhan pakai waktu itu hingga sekarang aku masih utuh, aku mendapatkan bahwa kebanyakan momen yang Tuhan pakai adalah momen yang ga pernah sama sekali aku pikirkan kalau itulah jawaban Tuhan. Kalo ada ayat di alkitab bilang

“Apa yang tak pernah kau pikirkan, itulah yang Tuhan berikan kepadamu”

itu nyata banget. Contohnya adalah ketika suatu saat kuliah, zaman-zaman galaunya nih masalah Karya tulis ilmiah+skripsi. Saat itu aku sebenarnya udah punya judul, udah melakukan penelitian, udah punya hasil, 1 tahun kira-kira aku mengurus penelitian itu dan setelah hasilnya sudah ku dapat, aku jadi galau gara-gara menurutku itu hasilnya ga bagus, ga valid dan ga reliable..

Saat itu aku berdoa, Tuhan gimana ini hasil penelitian kok aku feeling aneh yaa??gimana dong Tuhan??Saat itu aku kepikiran untuk meninggalkan judul itu dan mencari judul lain. Tapi setiap kali aku menghadap dosen untuk konsultasi, dosen itu bisa banget menarikku buat tetap pada judul ini. Aku ingat waktu itu aku 3 kali datang ke dosen pembimbing untuk mengatakan mau mundur dari judul tapi 3 kali juga dosen tersebut bisa meyakinkan hasil penelitian itu bisa dipake untuk skripsi. Tapi aku ga yakin, feelingku ga enak. Aku terus doa, pasrah banget deh sampe-sampe aku udah ga mikir ngurus penelitian lagi karena ragu sama hasilnya. Aku udah ga berani lagi ngajuin mundur sama dosen penelitian karena hasilnya kayaknya bakal sama aja.

Dan ketika sekarang, aku udah koass dan masa-masa itu udah terlewati. Dan ketika aku ingat lagi bagaimana aku bisa melewati masa-masa skripsi itu, aku bener-bener ga percaya. Akhirnya aku berhasil dapat judul baru dengan hasil yang aku yakin dapat ku buat sebagai skripsi. Aku ga pernah mencari dosen untuk minta penelitian, aku ga pernah datengin dosen buat ngasih proposal penelitian, tapi aku bisa pindah penelitian. Jadi ceritanya adalah saat itu emang udah mepet banget tuh buat ngurus-ngurus skripsi, sementara aku masih aja galau. Suatu saat ketika aku skillab, aku di ajar sama seorang dosen. Saat kami sedang berlatih dibawah bimbingan sang dosen, tiba-tiba sang dosen berkata ” eh aku ada penelitian, yang belom dapet penelitian, nih sama aku aja. Asal kalian aktif ambil hasilnya, pasti bisa buat skripsi kok”. Akhirnya jadilah aku ambil penelitian itu dengan tidak ragu, aku datangin dosen pembimbing lamaku dengan keberanian yang sekali lagi ku kumpulkan. Dan entah kenapa juga saat itu sang dosen rela membiarkanku pergi dari penelitiannya (halah bahasanya lebai bangettt)…dan ternyata skripsiku selesai sekarang, aku bisa koass :)

Dan telah kusimpulkan bahwa Tuhan jawab doa ku pada momen “skillab” yang ga pernah ku sadari aku akan dapet penelitian dari situ. Bukan hanya itu saja, masih banyak banget cara-cara Tuhan yang ajaib yang ga pernah terpikirkan oleh ku..pokoknya adaaa aja kejutan-kejutan itu.

Makanya gara-gara flashback itu, aku ga pernah menyepelekan setiap momen yang terjadi dalam hidupku karena aku percaya bahwa setiap momen yang terjadi itu bisa saja menjadi jawaban doa yang kita panjatkan atau bahkan lebih luar biasanya adalah jawaban atas doa yang baru akan kita panjatkan di hari depan. Jadi Syukurilah setiap apa yang kita alami sekarang karena setiap momen pasti punya arti sendiri dalam hidup kita walaupun kita sebagai manusia tidak punya cukup pikiran untuk dapat mencerna maksud dari semua momen itu.

Kalau di ilmu kedokterannya nih ibaratnya, Tuhan itu bisa aja kerja seperti sistem syaraf yang bisa tiba-tiba saja kerja dalam waktu yang sangat cepat atau bahkan bisa aja kayak sistem hormon yang memakai banyak proses ,sedikit demi sedikit. Apapun proses itu, yang penting pasti berguna buat the future us..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar