Kamis, 04 Agustus 2011

Sebuah cerita dari balik Jas putih

notes yang bercerita tentang ekspektasi pasien terhadap dokter :) Menarik. Kadang pasien punya ekspektasi yang berlebihan terhadap dokter, padahal dokter meskipun sudah melakukan yang terbaik, tetaplah manusia yang cuma diutus Tuhan buat jadi perpanjangan tanganNya untuk membantu  memelihara kehidupan dan mengurangi penderitaan manusia.
Meskipun begitu… Tidak perlu jadi dokter untuk mengabdikan diri pada kemanusiaan, betul? :)
CURHAT
berawal mula dari jaga malamku kemaren lusa, tapi sampe sekarang masih kepikiran, jadinya pengen nulis di sini……
jadi kemaren pagi aku dapet pasien datang dengan keluhan “demam berdarah”
dan dengan sepantasnya patutlah ku bertanya, “hasil labnya mana?”
lah, ternyata sang pasien dan keluarganya tidak bawa hasil labnya dan tidak ingat angkanya…
yah ini cuma intronya aja…
mau ga mau aku minta sang pasien dicek ulang,
tapi sang pasien keliatan lemes banget, walo klinisnya baek, n keluhannya lebih berat daripada penampakannya, trus katanya ga bisa makan karna mual terus… ya sudah kutawarkan untuk rawat inap… si pasien bersedia, tapi katanya urusan administrasinya biar diurus pengantarnya aja…..
kutanyalah ke pengantarnya, sesuai dengan prosedur, kujelaskan bahwa yang jaga adalah dr. A, tapi apa mereka menghendaki untuk dirawat dokter lain?
eeeh bapak itu menjawab, “Saya terserah saja, asal jangan dr. X” yang merupakan dokter anak..
dengan spontan aku menjawab, “wah ya nggak, pak, itu kan dokter anak….” *dalam pikiranku, aku pikir sang bapak becanda, karena pasiennya udah dewasa.. kukira pula, sang bapak bener2 terserah, asal jangan dokter anak yg ngerawat, begitu…*
lah, tapi ternyata omongannya jadi mengarah ke arah lain…
“ada ga yang namanya dr. X itu?”
“ada… ya dokter anak…”
“hari ini datang ga?”
“kenapa memangnya, pak? kalau jadwalnya saya ga hafal”
“dr. X itu masih punya utang sama saya… Anak saya sampai meninggal gara2 dia”
dieeeeeng……………………….
aku jadi kaget diomongin begitu….
orang ini mau cari gara2 kali yah.. begitu pikirku…
trus bapak itu keluar…
aku dah takut banget ntar dia bikin gara2 atau gmana, spontan aku cari pak satpam, tapi ternyata ga ada…..
haish…. yah aku cuma berdoa aja ga da yg aneh2….


yg buat aku kepikiran,,,
hmmm………………….
kerjaan sebagai dokter ini bener2 riskan…
udah bikin capek, tanggung jawabnya besar, dijalanin mati2an, sekolahnya susah…
tapi kok yah masih suka disalahkan dan dipojokkan..
pasti kita sendiri sering denger, “jangan priksa sama dokter A, obatnya ga manjur”
“dr. B itu bisanya cuma ngasih resep mahal2″
“kalo priksa sama dr. C ga bakal sembuh”
“dokternya bodoh, dah priksa 2 kali kok tetep ga sembuh”
“saya sudah priksa ke sepuluh dokter, semuanya ga da yang cocok”
“Saudaraku meninggal karna ulah dr. D”
dsb yang jelek2…………….

yg ku bisa bilang,
ga ada dokter yang ga berharap pasiennya sembuh ataupun kualitas kehidupannya lebih baik kalaupun memang penyakitnya ga isa sembuh,,,
ga ada dokter yang pengen pasiennya meninggal… apalagi pasien yang dia rawat…
kalau semua dokter ga mau pasiennya meninggal, ya udah pasien yang gawat2, ditolak aja… kalau pasien berhak memilih dokter yang merawat, kenapa dokter ga berhak memilih pasien yang dia rawat?
aku pun, sebagai dokter, selalu berusaha menomorsatukan pasienku waktu kurawat….
diobatin apa yah biar cepet sembuh? dikasih apa yah biar ga begitu sakit? dinasehatin apa yah biar besok ga kambuh lagi? pasiennya bisa bayar obatnya ga yah? pilihin yang ga terlalu mahal buat pasien yang kurang mampu…
untuk pasien yang kondisinya parah, mesti jelasin apa yah biar keluarganya siap? gimana ngomongnya biar keluarganya ikhlas? pasiennya pasti seneng kalo diantar dengan doa, yuk minta keluarganya untuk doakan si pasien…
dll

dan aku yakin, sebagain besar teman sejawatku juga begitu….
sesuai dengan sumpah sebagai dokter,
kita ga akan berusaha berbuat jahat kepada pasien….

tapi kok yah masih aja tuduhan2 dan kata2 jahat itu menimpa dokter…
aku kenal dr. X yang dibilang oleh sang bapak tadi…
dan paling tidak aku tau kompetensinya sebagai dokter anak cukup baik,
concern-nya ke pasien juga cukup besar,
aku pernah mendapati beliau datang ke RS jam setengah 5 pagi saat pasiennya kondisinya memburuk..
yah,
kalo yang begitu masih disalahkan,
dokter yang seperti apa yang harus dipuji…

dokter itu juga manusia…
dan aku mengalami sendiri bahwa kemampuan kami itu sebagian besar kami dapatkan melalui pengalaman… dan untuk mendapatkannya kami harus menjalani serangkaian pengalaman dalam waktu yang tidak sedikit.. kami belajar dari pengalaman… karena itulah kami bukan dewa, yang bisa mengobati dan menangani semua kasus dan menjamin keberhasilannya 100%
karena itu bila ditanya, “dok ini berapa % kemungkinannya hidup?”, aku ga akan pernah bisa jawab…

kalau kamu berpikir, dengan dibawa ke dokter, semua orang sakit akan sembuh,
kamu pasti ga pernah membayangkan dan tahu betapa sulitnya pekerjaan ini..
karena kedokteran bukan matematika…
bahwa ada penyakit yang memang tidak bisa disembuhkan…
bahwa efek setiap penyakit kepada orang itu tidak selalu sama…
bahwa kadang ada pasien yang sudah membaik kondisinya namun tau2 memburuk seketika…
hmm……….

well….
aku sih cuma berharap,
semoga aku ga diomong orang seperti itu..
dianggap punya hutang nyawa…
bener2 jahat dan kejam
kita juga bukannya senang kalau pasien yang sudah susah payah kita rawat akhirnya meninggal..
kadang aku sampai doakan pasienku yang meninggal beberapa kali, terutama yang memang sudah sering kuvisite… *since aku bukan DPJP, hanya case manager*

sebelum menjalaninya,
aku ga pernah berpikir begitu complicatednya pekerjaan ini..
………………………
yah karena sudah terlanjur,
aku cuma bisa berusaha menjalaninya dengan sebaik2nya~~~
semoga jalanku dimudahkan.. hehea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar